RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Anggraini, neni and Sri, Irawati and Yennita, Yennita (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NERBENER FIXX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan rancangan komponen-konponen perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA pada materi perubahan lingkungan. Komponen�komponennya berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD), dan soal evaluasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang merancang perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk dua kali pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancangan silabus, rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (telaah kompetensi dasar, telaah materi pembelajaran, telaah indikator dan tujuan pembelajaran, telaah model dan metode pembelajaran, dan telaah media pembelajaran), rancangan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD), dan rancangan soal evaluasi menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi perubahan lingkungan. Hasil penelitian ini telah dianalisis hasil rancangan perangkat pembelajaran yang diarahkan kedalam aspek-aspek yang ingin dicapai dalam Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 yang terdiri atas silabus, RPP, LDPD, dan soal evaluasi pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan rancangan ini dapat di implementasikan oleh peneliti selanjutnya. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Rancangan Perangkat Pembelajaran, Perubahan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:37
Last Modified: 06 Sep 2023 07:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item