RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Prafnesia, novia laudiyah and Irdam, Idrus and Dewi, Jumiarni (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
CETAK SKRIPSI NOVIA LAUDIYAH FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran model kooperatif Numbered Head Together pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian ini meliputi 1) Analisis Kurikulum 2) Analisis Kompetensi Dasar 3) Telaah Materi Pelajaran 4) Merumuskan Indikator dan Tujuan Pembelajaran 5) Menentukan Model dan Metode Pembelajaran 6) Pemilihan Media Pembelajaran 7) Penyusunan Alat Evaluasi Pembelajaran. Hasil penelitian berupa rancangan perangkat pembelajaran meliputi silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dan tes evaluasi hasil belajar. Silabus pembelajaran mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk materi sistem ekskresi manusia dirancang untuk dua kali pertemuan dan mengacu pada sintaks model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) yang terdiri dari empat langkah yaitu: 1) penomoran, 2) pengajuan pertanyaan, 3) berpikir bersama, 4) menjawab. Rancangan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dibuat dengan kerangka 1) Halaman judul LDPD, 2) Isi LDPD terdiri dari a) Tujuan pembelajaran, b) Landasan teori, c) Soal diskusi. Tes evaluasi hasil belajar dirancang dengan memperhatikan tingkatan pengetahuan pada kompetensi dasar yaitu tingkatan C4 (menganalisis) dan dirancang sebanyak 10 soal tes pilihan ganda. Kata Kunci :Perangkat Pembelajaran, Model Kooperatif Numbered Head Together, Sistem Ekskresi Manusia, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:37
Last Modified: 06 Sep 2023 07:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15398

Actions (login required)

View Item View Item