RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL CORIANDER TERHADAP PEMBERIAN KOMPOS AZOLLA (Azolla micropylla) SEBAGAI SUBSTITUSI PUPUK NITROGEN SINTETIK

Nurma, Yunita and Eko, Suprijono and Marulak, Simarmata (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL CORIANDER TERHADAP PEMBERIAN KOMPOS AZOLLA (Azolla micropylla) SEBAGAI SUBSTITUSI PUPUK NITROGEN SINTETIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI NURMA YUNITA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tanaman ketumbar atau yang sering disebut coriander (Coriandrum sativum) merupakan tanaman rempah-rempahan yang mempunyai berbagai manfaat yaitu sebagai lalapan, sayuran, bumbu rempah dan penyedap masakan. Produksi ketumbar pada tahun 2017 yaitu sebesar 9.078 ton/tahun tetapi pada tahun 2018 mengalami penurunan menjadi 8.172 ton/tahun. Upaya peningkatan produksi ketumbar dilakukan dengan cara pemupukan yang tepat menggunakan pupuk nitrogen organik yang bersumber dari kompos Azolla. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2020 hingga bulan Januari 2021 di Rawa Makmur, Merpati 24, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengevaluasi Azolla micropylla sebagai pengganti pupuk Nitrogen Sintetik, (2) untuk mendapatkan kombinasi pupuk Nitrogen Sintetik dan kompos Azolla yang tepat bagi pertumbuhan coriander. Pada penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktor tunggal. Sebagai perlakuan adalah kombinasi pupuk Nitrogen Sintetik dan kompos Azolla sebagai berikut: P0 = 100 % N dari Urea + 0 % N dari kompos Azolla, P1 = 75 % N dari Urea + 25 % N dari kompos Azolla, P2 = 50 % N dari Urea + 50 % N dari kompos Azolla, P3 = 25 % N dari Urea + 75 % N dari kompos Azolla, P4 = 0 % N dari Urea + 100 % N dari kompos Azolla. Masing masing perlakuan diulang 4 kali dan masing masing kombinasi setiap ulangan terdapat 3 polybag sehingga diperoleh 60 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk 100 % kompos Azolla menghasilkan tinggi tanaman paling tinggi daripada tanaman yang di pupuk 100 % Urea atau campuran Urea dan kompos Azolla. Jumlah daun dan jumlah anakan yang di pupuk dengan 100 % kompos Azolla menghasilkan jumlah daun dan jumlah anakan paling banyak daripada yang di pupuk 100 % Urea atau campuran Urea dan kompos Azolla. Berat segar daun dan berat segar akar yang di pupuk 100 % Azolla menghasilkan berat segar daun dan berat segar akar paling berat daripada yang di pupuk 100 % Urea atau campuran Urea dan kompos Azolla. Pupuk kompos Azolla merupakan sumber nitrogen paling baik terhadap pertumbuhan tanaman coriander.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:12
Last Modified: 06 Sep 2023 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15403

Actions (login required)

View Item View Item