RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH PADA BERBAGAI KONSENTRASI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) DAN DOSIS NPK

Roslina, Rani Sari Purba and Supanjani, Supanjani and Yulian, Yulian (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH PADA BERBAGAI KONSENTRASI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) DAN DOSIS NPK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI (PDF)Roslina Rani Sari Purba.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu komoditi jenis sayuran yang mempunyai arti penting bagi sebagian besar masyarakat, baik dari kandungan gizi maupun nilai ekonominya. Produksi bawang merah mengalami fluktuasi yang sering disebabkan oleh tanah yang kurang subur dan wilayah dataran rendah merupakan lingkungan yang kurang ideal atau sub optimum untuk pertumbuhan bawang merah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui respon pertumbuhan dan hasil bawang merah pada berbagai konsentrasi Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dan Dosis NPK, (2) menentukan dosis pupuk NPK yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah, (3) menentukan konsentrasi PGPR yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020-Januari 2021 yang bertempat di Kandang Limun, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor dan 4 ulangan. Faktor pertama yaitu aplikasi dosis pupuk NPK yang terdiri dari 3 taraf yaitu : 0, 15 dan 30 g/polybag. Faktor kedua adalah konsentrasi PGPR yang terdiri dari 4 taraf yaitu : 0, 10, 20 dan 30 ml/L. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat interaksi pada pemberian dosis pupuk NPK dan konsentrasi PGPR terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman bawang merah pada variabel pengamatan tinggi tanaman minggu ke-9 dan jumlah daun minggu ke-2. Tanpa pupuk NPK merupakan yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Pemberian konsentrasi PGPR memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali tinggi tanaman 3 MST dan 4 MST.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:26
Last Modified: 06 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15407

Actions (login required)

View Item View Item