Purnama, suci indah and Sri Irawati, Sri Irawati and Kasrina, Kasrina (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI JAMUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA/MA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi Suci.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi jamur untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA/MA. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini antara lain 1) Telaah Kurikulum 2) Telaah Kompetensi Dasar 3) Telaah Materi Pelajaran 4) Telaah Perumusan Indikator dan Tujuan Pembelajaran 5) Telaah Model Dan Metode Pembelajaran 6) Telaah Media Pembelajaran 7) Telaah Alat Evaluasi Pembelajaran. Hasil penelitian ini terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan alat evaluasi belajar berupa lembar tes dan lembar observasi. Materi yang digunakan pada keempat perangkat tersebut adalah materi jamur yang dipilih berdasarkan KD 3.7 dan 4.7. RPP disusun dengan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang berorientasi pada sintaks model NHT, yaitu: Numbering, Questioning, Head Together, dan Answering. LKPD dirancang dengan beberapa komponen meliputi: judul, kompetensi dasar, tujuan, landasan teori, alat dan bahan, prosedur kerja, tabel data, dan bahan diskusi. Evaluasi hasil belajar disusun dalam bentuk tes berupa post-test dengan jenjang kognitif C1, C2, C3 dan C4. Kata Kunci : Materi jamur, Model kooperatif tipe NHT, Perangkat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:39 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:39 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15414 |
Actions (login required)
View Item |