PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERDASARKAN ANATOMI BATANG, DAUN DAN SULUR Nepenthes mirabilis YANG TUMBUH DI AREA TERBUKA DAN TERNAUNG

Lorenza, syoti vellia and Yennita, Yennita and Ariefa, Primair Yani (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERDASARKAN ANATOMI BATANG, DAUN DAN SULUR Nepenthes mirabilis YANG TUMBUH DI AREA TERBUKA DAN TERNAUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SYOTI (A1D016012).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Keberadaan tumbuhan kantong semar di Bengkulu masih banyak dijumpai terutama di lokasi lahan rawa. Penelitian ini bertujuan melihat anatomi batang daun dan sulur Nepenthes mirabilis yang tumbuh di area terbuka dan ternaung untuk kemudian diaplikasikan dalam pengembangan Lembar Kerja Leserta Didik (LKPD) materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengacu pada model Sugiyono (2012) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian yaitu berupa anatomi dari batang, daun, sulur yang tumbuh di daerah terbuka dan daerah ternaung. Di area terbuka epidermis batang dan daun lebih tebal, jaringan korteks lebih tebal dengan ukuran berkas pembuluh yang lebih besar dibandingkan dengan Nepenthes yang tumbuh di area ternaung. Di area terbuka memiliki jumlah stomata yang lebih banyak dengan lebar porus yang lebih kecil, memiliki susunan mesofil daun yang lebih rapat dibandingkan yang tumbuh di area ternaung. Hasil validasi LKPD yang disusun peneliti memperoleh rerata persentase validasi sebesar 91 % dengan kriteria sangat valid dan rerata persentase uji keterbacaan oleh peserta didik sebesar 81,53 % dengan kriteria sangat baik sehingga produk lembar kerja peserta didik yang telah dikembangkan sangat layak dan baik digunakan pada uji coba proses pembelajaran biologi Kata kunci: Pengembangan LKPD, anatomi, kantong semar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:39
Last Modified: 06 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15421

Actions (login required)

View Item View Item