PENGEMBANGAN BUKU UNIT PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN INVENTARISASI ANURA DI UNIVERSITAS BENGKULU

Sumbayak, widia hani and Bhakti, Karyadi and Abdul, Rahman (2020) PENGEMBANGAN BUKU UNIT PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN INVENTARISASI ANURA DI UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WIDIA HANI SUMBAYAK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Anura yang terdapat di lingkungan kampus Universitas Bengkulu dan kemudian dikembangkan menjadi Buku Unit Pembelajaran (BUP) Anura. Pengambilan sampel Anura dilakukan di lingkungan Universitas Bengkulu, sedangkan uji kelayakan BUP dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 (dua) dosen pendidikan biologi sebagai validator ahli materi dan ahli media serta 1 (satu) guru biologi SMA N 1 Kota Bengkulu sebagai validator ahli praktisi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 12 jenis Anura yang terdiri dari 5 famili. Keberadaan Anura yang paling banyak ditemukan di lokasi Q (danau UNIB) yaitu sebanyak 8 spesies, sedangkan yang paling sedikit ditemukan di lokasi T (persawahan di sekitar Fakultas Kedokteran) yaitu sebanyak 2 spesies. BUP yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh validator ( 91, 9 %) dan layak diujicobakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X SMA. Kata Kunci: Jenis-jenis Anura, Universitas Bengkulu, Buku Unit Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:39
Last Modified: 06 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item