RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA/MA

Sari, winda and Yennita, Yennita and Sri, Irawati (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA/MA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WINDA SARI (A1D016017).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran model siklus belajar 5E pada materi dunia tumbuhan (Plantae) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini antara lain 1) Telaah Kurikulum 2) Telaah Kompetensi Dasar 3) Telaah Materi Pelajaran 4) Telaah Perumusan Indikator dan Tujuan Pembelajaran 5) Telaah Model dan Metode Pembelajaran 6) Telaah Media Pembelajaran 7) Telaah Alat Evaluasi Pembelajaran. Hasil penelitian ini terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 3 Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan 2 alat evaluasi belajar berupa lembar tes dan lembar observasi. Materi yang digunakan pada keempat perangkat tersebut adalah materi dunia tumbuhan (Plantae) yang dipilih berdasarkan KD 3.8 dan 4.8. Model yang digunakan adalah model siklus belajar 5e. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya-jawab, diskusi, dan eksperimen. Media yang digunakan adalah media realia berupa sampel tumbuhan. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model Siklus Belajar 5e, Materi Dunia Tumbuhan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:39
Last Modified: 06 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item