STUDI AKTIVITAS POPULASI MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN RESORT SUOH KECAMATAN BANDAR NEGERI SUOH KABUPATEN LAMPUNG BARAT PROVINSI LAMPUNG

Junefa, Christopher Kacaribu and Wiryono, Wiryono and Erniwati, Erniwati (2021) STUDI AKTIVITAS POPULASI MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN RESORT SUOH KECAMATAN BANDAR NEGERI SUOH KABUPATEN LAMPUNG BARAT PROVINSI LAMPUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Salah satu yang menjadi keunikan Indonesia dibidang keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman satwa liar yang salah satunya adalah primata. Salah satu primata yang tersebar di Indonesia adalah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Monyet ekor panjang memiliki kebiasaan-kebiasaan dalam aktivitas sehari-harinya. Aktivitas yang dilakukan seperti aktivitas berkelompok, bergerak, mencari makan, tidur, kawin, memelihara anak dan lainnya. Monyet ekor panjang biasanya memiliki wilayah tertentu untuk setiap populasi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari aktivitas monyet ekor panjang yang meliputi persentase aktivitas dan kategori aktivitas di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Resort Suoh, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Hasil dari penelitian ini diharapkan bermafaat secara teoritis yaitu kontribusi ilmiah dalam hal teori dan fakta dan secara praktis yaitu memberikan informasi sebagai dasar dalam mengambil tindakan konservasi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan aktivitas menggunakan metode scan sampling. Metode scan sampling merupakan metode sampling yang digunakan untuk menghitung aktivitas individu dalam suatu populasi yang dilakukan berdasarkan interval waktu tertentu. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif dan kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Aktivitas populasi monyet ekor panjang di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Resort Suoh yang dilakukan di zona pemanfaatan (intensive zone) ini memiliki hasil aktivitas tertinggi adalah bergerak sebesar 30% dan aktivitas terendah adalah kawin yaitu sebesar 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:19
Last Modified: 06 Sep 2023 07:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15443

Actions (login required)

View Item View Item