KAJIAN PRODUKSI DAN KONTRIBUSI GETAH KEMENYAN (Styrax Spp) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA LOBUHOLE TAPANULI UTARA

Novita, Sari Lumban Tobing and Agus, Susatya and Siswahyono, Siswahyono (2021) KAJIAN PRODUKSI DAN KONTRIBUSI GETAH KEMENYAN (Styrax Spp) TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA LOBUHOLE TAPANULI UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_NOVITA_SARI_LUMBAN_TOBING_E1B017067.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tanaman kemenyan merupakan salah satu tanaman penghasil getah dan menjadi tanaman andalan Provinsi Sumatera Utara. Getah kemenyan merupakan komoditi HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) yang bernilai ekonomi tinggi. Getah kemenyan banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetika, pengikat parfum, pengawet, farmasi (obat￾obatan), penyedap rasa, bahan baku rokok, bahan baku pembuatan dupa dan dan dimanfaatkan dalam acara-acara ritual tertentu. Getah kemenyan sudah memasuki pasar ekspor. Tanaman kemenyan (Styrax Spp) banyak tumbuh dan dibudidayakan oleh masyarakat di Desa Lobuhole Tapanuli Utara. Getah kemenyan telah memberikan kontribusi bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rerata produksi getah kemenyan (Styrax Spp) per tahun, hubungan produksi getah dengan diameter, umur dan jumlah takikan pohon kemenyan (Styrax Spp), dan untuk mengetahui kontribusi hasil kemenyan terhadap pendapatan rumah tangga di Desa Lobuhole Tapanuli Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lobuhole Tapanuli Utara pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2020. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi lapangan dan wawancara. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata produksi getah kemenyan per KK di Desa Lobuhole Tapanuli utara adalah 138,40 kg/Tahun sedangkan rerata produksi getah kemenyan per hektar adalah 42,27 kg/tahun dari total luas lahan 173,5ha dan rerata luas lahan petani 3,27 ha. Adapun rerata produksi getah per pohon adalah sebesar 0,25 kg/tahun. Rerata jumlah pohon yang ditanam oleh petani adalah sebanyak 1077,36 pohon/KK dan 325,31 pohon/ha. Persentase pohon kemenyan yang disadap sebesar 63,62%. Adapun hubungan antara diameter, umur dan jumlah takikan terhadap produksi getah kemenyan yang dilakukan dengan analisis regresi memperoleh persamaan : Y = 501,578 + 11,082 -20,939 +30,138 ii Dimana X1, X2, X3 masing masing adalah diameter, umur dan jumlah takikan. Produksi getah berbanding lurus dengan diameter (X1) dan jumlah takikan (X3) dan produksi getah berbanding terbalik dengan umur (X2). Besar kontribusi hasil kemenyan terhadap pendapatan rumah tangga di Desa Lobuhole Tapanuli Utara adalah sebesar 37,11%. Rerata pendapatan total rumah tangga petani di Desa Lobuhole Tapanuli Utara adalah Rp5.401.777/bulan dengan pendapatan dari usaha tani kemenyan sebesar Rp2.004.796/bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:28
Last Modified: 06 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15446

Actions (login required)

View Item View Item