DESKRIPSI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 KOTA BENGKULU

LAILA, RIMADANI MUFIDA and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2020) DESKRIPSI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RIMADANI MUFIDA LAILA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah karakter bertanggung jawab belajar melalui fungsi BK pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Bengkulu dan 5 dari 6 kelas yang terdiri dari 117 siswa menjadi sampel dari penelitian ini. Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket dengan 100 item pernyataan yang mewakili lima fungsi BK yaitu fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi penyelesaian, fungsi pengentasan, dan fungsi pengembangan. Metode analisis data menggunakan rumus persentase melalui rumus skala Likert. Hasil penelitian yang dilakukan, untuk fungsi pemahaman diperoleh hasil 76,92%. Artinya guru BK sudah cukup baik menangani masalah bertanggung jawab belajar. Selanjutnya, fungsi pencegahan diperoleh nilai 70,08% yang berarti guru BK telah melakukan pencegahan dengan baik. Lalu fungsi pengentasan diperoleh nilai 83,76%. Artinya guru BK telah menangani fungsi pengentasan dengan baik. Pada fungsi pemeliharaan, diperoleh nilai 78,63% yang menunjukkan bahwa guru BK sudah baik melakukan penyelesaian tentang masalah bertanggung jawab belajar.. Terakhir, fungsi pengembangan dimana diperoleh nilai 78,63% yang berarti bahwa guru BK melakukan fungsi pengembangan dalam menangani masalah bertanggung jawab belajar dengan baik. Kata kunci : Peran Guru, Bimbingan Dan Konseling, Fungsi Bk, Bertanggung Jawab Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:05
Last Modified: 08 Sep 2023 01:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

View Item View Item