PENGARUH MEDIA KOMPOSIT BERBASIS LIMBAH SERAT BUAH SAWIT DAN PEMBERIAN EFFECTIVE MICROORGANISME-4 TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI PANDAN (Pandanus tectorius Parkinson Ex.Z.)

Pebri, Klarita and Enggar, Apriyanto and Deselina, Deselina (2021) PENGARUH MEDIA KOMPOSIT BERBASIS LIMBAH SERAT BUAH SAWIT DAN PEMBERIAN EFFECTIVE MICROORGANISME-4 TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI PANDAN (Pandanus tectorius Parkinson Ex.Z.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PEBRI KLARITA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pandan (Pandanus tectorius Parkinson Ex.Z.) merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove yang dikategorikan sebagai mangrove ikutan. Tanaman ini berbentuk pohon dapat mencapai tinggi 6 m, daun berduri pada sisi daun dan ujungnya tajam, panjang antara 0,5-2 m. Bunga warna merah-ungu, terletak pada ujung batang, benang sari banyak, formasi seperti payung. Buah seperti buah nanas dan ketika matang warnanya kuning jeruk. Tumbuh pada habitat dengan substrat pasir didepan garis pantai, terkena pasang surut hingga agak ke belakang garis pantai. Penyebarannya diduga di seluruh Indonesia. Mempunyai manfaat dapat sebagai tanaman pagar, tanaman hias, dan bungannya dimanfaatkan untuk wangi-wangian dan hiasan pada acara pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Komposit Berbasis Limbah Serat Buah Sawit dan Pemberian Effective Microorganisme-4 terhadap Pertumbuhan Semai Pandan (Pandanus tectorius Parkinson Ex.Z.) Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus – Oktober 2020 di Persemaian dan Laboratorium Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah RAL (Rancangan Acak Lengkap) faktorial. Terdiri dari 5 perlakuan media tanam yaitu m1 (Serat Buah Sawit 100%), m2 (Pupuk Kandang Sapi 100%), m3 (Limbah Serat Buah Sawit 75% dan Pupuk Kandang Sapi 25%), m4 (Limbah Serat Buah Sawit 50% dan Pupuk Kandang Sapi 50%) dan m5 (Limbah Serat Buah Sawit 25% dan Pupuk Kandang Sapi 75%) dan 5 ulangan yaitu, u1 (ulangan 1), u2 (ulanagan 2), u3 (ulangan 3), u4 (ulangan 4) dan u5 (ulangan 5) serta taraf pemberian konsentrasi EM-4 yang berbeda yaitu d0 ( Tanpa perlakuan/ 50 ml air), d1 = 2 % (1 ml EM- 4dan 49 ml air), d2 = 4 % (2 ml EM-4dan 48 ml air) dan d3 = 8 % (4 ml EM-4dan 46 ml air). Total unit tanaman yaitu, 100 unit tanaman. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan semai pandan (Pandanus tectorius Parkinson Ex.Z.) dengan perlakuan m4 memberikan nilai rerata tertinggi, sedangkan pada konsentrasiEM-4 memberikan nilai rerata tertinggi pada konsentasi d3 dan untuk interaksi yang terjadi saat penelitian pada variabel panjang daun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:49
Last Modified: 06 Sep 2023 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15452

Actions (login required)

View Item View Item