KERAGAMAN JENIS TUMBUHAN YANG DAPAT DIMANFAATKAN DI KELURAHAN BUNGAMAS KECAMATAN SELUMA TIMUR KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU

Ratna, Agustin Wahyu and Wiryono, Wiryono and Saprinurdin, Saprinurdin (2021) KERAGAMAN JENIS TUMBUHAN YANG DAPAT DIMANFAATKAN DI KELURAHAN BUNGAMAS KECAMATAN SELUMA TIMUR KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RATNA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Kearifan lokal dalam hubungannya dengan alam umumnya identik dengan wilayah pedesaan karena pengetahuan masyarakat terhadap jenis-jenis tumbuhan yang dimanfaatkan dan budidayanya sudah ada sejak lama. Jenis tumbuhan yang digunakan berbeda-beda tergantung budaya serta tempat dimana mereka tinggal, mulai dari penyebutan nama, pengolahannya serta bagian yang digunakan. Pemanfaatan tumbuhan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti obat-obatan, pangan, kayu bakar, tanaman hias dan kebutuhan hidup lainnya. Karena berkurangnya keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan maka diperlukan kegiatan budidaya tanaman agar tanaman tersebut tetap lestari dan bisa memberikan hasil yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan dan macam-macam manfaat di Kelurahan Bungamas Kecamatann Seluma timur Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2021 di Kelurahan Bungamas . Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode survey dengan mengamati dan wawancara. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan informan kunci dan survey lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Masyarakat Kelurahan Bungamas Kecamatan Seluma timur Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, memanfaatkan 99 jenis dari 56 famili tumbuhan untuk berbagai keperluan.Pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat Kelurahan Bungamas terdiri dari 11 kategori pemanfaatan, yaitu untuk pangan sebanyak 41 jenis, obat 33 jenis, pewarna alami 5 jenis, kerajinan tangan 3 jenis, tanaman hias 27 jenis, pakan ternak 7 jenis, kayu bakar 13 jenis, pagar 9 jenis, peneduh 6 jenis, kegiatan adat 13 jenis, kecantikan 9 jenis, kayu pertukangan 8 jenis, dan racun 3 jenis. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, buah, getah, bunga, umbi, akar, batang, rimpang, cabang, biji, kulit, umbut dan tunas. Jenis tanaman yang paling banyak macam manfaatnya adalah pinang (Areca catechu L.) yang digunakan untuk obat, pangan, adat, aromatic dan tanaman pagar, juga banyak dimanfaatkan yang digunakan sebagai obat, pangan, kayu bakar .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:53
Last Modified: 06 Sep 2023 07:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item