PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA PENGELOLA KEUANGAN DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DI PROVINSI BENGKULU

Aditya, Sundawa and Isma, Corryanata (2017) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA PENGELOLA KEUANGAN DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive
Skripsi Aditya Sundawa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan pemerintah merupakan hak publik yang harus diberikan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Akuntabilitas dapat diartikan sebagai bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik. Bentuk pertanggungjawaban tersebut dituangkan dalam laporan keuangan pemerintah. Untuk menghasilkan informasi keuangan yang bermanfaat bagi para pemakai, maka laporan keuangan harus disusun oleh pengelola keuangan yang memiliki kompetensi di bidang pengelolaan keuangan daerah dan sistem akuntansi. Kompetensi dapat dilihat dari latar belakang pendidikan, pelatihan- pelatihan dan dari ketrampilan yang dinyatakan dalam pelaksanaan tugas. Pegawai yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan akuntansi, tidak mengikuti pelatihan-pelatihan akuntansi serta tidak punya pengetahuan yang memadai tentang akuntansi akan menemui banyak kesulitan dan hambatan dalam proses penyusunan laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pemanfaatan sistem informasi terhadap kualitas laporan keuangan OPD di Provinsi Bengkulu baik secara simultan maupun parsial. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian merupakan pengelola keuangan pada 36 OPD di Provinsi Bengkulu dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 144 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari analisis data penelitian diperoleh hasil variabel kompetensi, motivasi kerja, dan pemanfaatan sistem informasi secara bersama-sama dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Melalui kompetensi, motivasi kerja dan pemanfaatan sistem informasi kualitas laporan keuangan daerah dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 26 Jan 2018 02:58
Last Modified: 26 Jan 2018 02:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item