HUBUNGAN POLA PIKIR DAN HARGA DIRI (SELF-ESTEEM) DENGAN KECEMASAN SISWA KE RUANG BK ATAU KONSULTASI DENGAN GURU BK SMP DI KOTA BENGKULU

SARI, SHELLY INDAH and Wayan, Dharmayana and Illawaty, Sulian (2020) HUBUNGAN POLA PIKIR DAN HARGA DIRI (SELF-ESTEEM) DENGAN KECEMASAN SISWA KE RUANG BK ATAU KONSULTASI DENGAN GURU BK SMP DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-SHELLY INDAH SARI (A1L016004).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pola pikir dan harga diri (self-esteem) dengan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK SMP di Kota Bengkulu dan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK di sekolah akreditasi A dan B. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 142 siswa dengan teknik random sampling. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasi ganda dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara pola pikir dengan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,424 dan terdapat korelasi negatif yang signifikan antara harga diri (self-esteem) dengan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,523. Jika siswa memiliki pola pikir positif, harga diri (self-esteem) tinggi dan sangat tinggi maka kecemasan rendah. Tidak ada perbedaan kecemasan siswa ke ruang BK atau konsultasi dengan guru BK antara sekolah akreditasi A dan B. Kata kunci : harga diri (self-esteem), kecemasan, pola pikir

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:05
Last Modified: 08 Sep 2023 01:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15456

Actions (login required)

View Item View Item