PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 03 BENGKULU TENGAH

WARSIMAN, WARSIMAN and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Illawaty, Sulian (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 03 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WARSIMAN A1L016012.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pre eksperimental dengan one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian 30 siswa kelas VIII D SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah dengan Sampel 7 siswa yang teridentifikasi kemandirian belajar rendah. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian. Pengolahan data nilai t-test lebih besar dari t tabel yaitu sebesar -20,891 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai rata-rata post-test yang meningkat dari nilai pre-test ( 74,5 > 39,4 ). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self-management berpengaruh untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Self-management, Kemandirian belajar. Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Self-management, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:06
Last Modified: 08 Sep 2023 01:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item