PENDUGAAN CADANGAN KARBON DI ATAS TANAH DI PEKARANGAN DENGAN SISTEM AGROFORESTRI DI KELURAHAN SURABAYA KOTA BENGKULU PROVINSI BENGKULU

Yohan, Marihot Sinaga and Wiryono, Wiryono and Deselina, Deselina (2021) PENDUGAAN CADANGAN KARBON DI ATAS TANAH DI PEKARANGAN DENGAN SISTEM AGROFORESTRI DI KELURAHAN SURABAYA KOTA BENGKULU PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI YOHAN SINAGA okk.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Cadangan karbon adalah banyaknya karbon yang tersimpan pada vegetasi, biomassa lain, dan karbon di dalam tanah. Komponen karbon dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu karbon yang berasal dari biomassa di atas tanah (above ground biomass) dan karbon yang berasal dari bahan organik di bawah permukaan tanah (below ground biomass). Karbon di atas permukaan tanah terdiri atas biomassa pohon, biomassa tumbuhan bawah, tumbuhan mati (nekromassa) dan seresah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya cadangan karbon di atas tanah di pekarangan dengan sistem agroforestri yang ada di Kelurahan Surabaya, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu dan penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan atau wawasan akan pentingnya fungsi lahan alam penyerapan karbon serta dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penataan lahan yang hijau dan lestari serta punya daya serap karbon yang tinggi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus – Oktober 2020 di Kelurahan Surabaya, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Sampling biomassa dilakukan pada seresah, tumbuhan bawah, pancang, dan pohon. Jumlah pekarangan yang disampel adalah 30. Biomassa pancang dan pohon diduga dengan metode non destruktif, yaitu dengan menghitung volume dan berat jenis kayunya. Biomassa seresah dan tumbuhan bawah diduga dengan metode destruktif, yaitu dengan penimbangan. Karbon dihitung sebesar 0,47 dari biomassa dan hasilnya dikonversi ke satuan ton per hektar. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dugaan kandungan karbon pada biomassa di atas tanah yang tersimpan adalah 30,13,77 ton/ha untuk tingkatan pohon (tumbuhan berkayu diameter ≥ 10 cm), 3,33 ton/ha untuk tingkatan pancang (tumbuhan berkayu diameter 2 - ≤ 9 cm), 0,14 ton/ha untuk tingkatan tumbuhan bawah, dan 0,19 ton/ha untuk tingkatan seresah dengan jumlah total 33,79 ton/ha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:39
Last Modified: 06 Sep 2023 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item