PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM DANAU RAYO DI DESA SUNGAI JERNI KECAMATAN MUARA RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA PROVINSI SUMATERA SELATAN

Zepri, Andri and Putranto, BAN and Siswahyono, Siswahyono (2021) PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM DANAU RAYO DI DESA SUNGAI JERNI KECAMATAN MUARA RUPIT KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ZEPRI ANDRI FIXX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Wisata alam adalah bentuk kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam dan tata lingkungan. Wisata alam meliputi obyek dan kegiatan yang berkaitan dengan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam dan ekosistemnya, baik dalam bentuk asli (alami) maupun perpaduan dengan buatan manusia. Akibatnya tempat tempat rekreasi dialam terbuka yang sifatnya masih alami. Aspek keberhasilan tempat wisata tergantung dari pada 3A yaitu atraksi (attraction) mudah di capai (accessibility) dan fasilitas (amenities). Tujuan penelitian ini Mengatahui persepsi pengunjung dan mendeskripsikan daya tarik objek wisata alam Danau Rayo di Desa Sungai Jernih Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian dilaksanakan di objek wisata alam Danau Rayo pada tanggal 02 Januari – 25 Februari 2021 di Desa Sungai Jernih Kecamatan Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah responden ditentukan dengan cara nonprobability sampling. Pengambilan contoh sampel accindental sampling data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder . Yakni deskripsi wisata alam Danau Rayo dan persepsi pengunjung data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa objek wisata alam Danau Rayo merupakan salah satu wisata yang berada di Kabupaten Musi Rawas Utara dan menjadi destinasi wisata yang indah dan memiliki beberapa objek daya tarik seperti Taman Bunga, Tanga Seribu dan Meja Batu serta fasilitas untuk mengelilingi Danau Rayo seperti Pondok Apung, Perahu bebek dan Perahu untuk memancing. Karaekteristik pengunung yang paling menonjol yaitu pengunjung yang berusia 22 – 30 tahun, berjenis kelamin perempuan, berasal dari dalam Kabupaten Musi Rawas Utara kendaraan yang digunakan adalah kendaraan pribadi roda dua. Persepsi pengunjung terhadap objek wisata alam Danau Rayo termasuk dalam katagori baik dengan didukung fasilitas, aksesbilitas dan keamanan yang cukup baik, namun pengelola lebih memeperkenalkan lagi keunggulan wisata alam Danau Rayo guna lebih menarik minat dan perhatian wisatawan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:47
Last Modified: 06 Sep 2023 08:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item