SUBSTITUSI TEPUNG IKAN MENGGUNAKAN Corn Gluten Meal (CGM) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN KOBIA (Rachycentron canadum)

Desmaini, Desmaini and Maya, Angraini Fajar Utami and Mukti, Dono Wilopo (2021) SUBSTITUSI TEPUNG IKAN MENGGUNAKAN Corn Gluten Meal (CGM) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN KOBIA (Rachycentron canadum). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
DESMAINI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Ikan Kobia merupakan salah satu jenis ikan karnivora pelagis yang mencari makanan di permukaan perairan. Pertumbuhan ikan Kobia cepat sehingga menjadikan ikan Kobia banyak diminati untuk dibudidayakan. Corn Gluten Meal (CGM) adalah hasil samping dari industri pati jagung yang dihasilkan dari proses penggilingan basah (wet milling). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh substitusi tepung ikan dengan menggunakan Corn Gluten Meal (CGM) pada pakan terhadap pertumbuhan ikan Kobia (Rachycentron canadum). Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September-November 2020 bertempat di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan yaitu; perlakuan T1 (Tepung CGM 0%), perlakuan T2 (tepung CGM 50%) dan Perlakuan T3 (tepung CGM 100%). Parameter yang diuji yaitu pertumbuhan mutlak, laju pertumbuhan spesifik, Feed Convertion Ratio (FCR) dan Survival Rate (SR). Nilai pertumbuhan berat mutlak, laju pertumbuhan spesifik berat dan rasio konversi pakan ikan Kobia yang diberikan formulasi mengandung lebih banyak tepung ikan lebih tinggi dibandingkan dengan ikan yang diberikan formulasi pakan mengandung CGM 50 dan 100%. Nilai pertumbuhan panjang mutlak dan laju pertumbuhan spesifik panjang yang diberi formulasi pakan tepung ikan tidak terdapat pengaruh nyata terhadap formulasi CGM 50 dan 100% dari ketiga perlakuan. Nilai kelangsungan hidup ikan Kobia selama pemeliharaan berkisar antara 15%-23%. Pakan yang mengandung CGM diatas 50% belum layak diberikan untuk ikan Kobia. Kata Kunci: Ikan Kobia, Corn Gluten Meal, Pertumbuhan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:22
Last Modified: 07 Sep 2023 01:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15473

Actions (login required)

View Item View Item