STUDI MANAJEMEN PEMELIHARAAN AYAM RAS PETELUR FASE LAYER (Studi Kasus di Peternakan Ayam Petelur Yuan Poda, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu)

Adi, Yusman and Bieng, Brata and Edi, Soetrisno (2021) STUDI MANAJEMEN PEMELIHARAAN AYAM RAS PETELUR FASE LAYER (Studi Kasus di Peternakan Ayam Petelur Yuan Poda, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Adi Yusman (E1C017080).fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Usaha peternakan merupakan salah satu bagian usaha yang sangat baik untuk dikembangkan dan hasil dari usaha peternakan juga sangat menguntungkan untuk dipasarkan. Salah satu usaha peternakan yang cukup banyak diminati dan diusahakan masyarakat adalah peternakan ayam petelur (Maulana, 2017). Faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam usaha peternakan ayam petelur yaitu bibit yang bermutu, pakan yang berkualitas dan ekonomis dan manajemen Pemeliharaan (Syam Rahadi. 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen pemeliharaan ayam petelur dan penanganan limbah di Peternakan Ayam Petelur, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu agar dapat mengetahui tingkat keberhasilan usaha peternakan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai Januari 2021. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner, alat tulis, dan kamera. Data yang diperoleh ditabulasi dalam bentuk tabel lalu diolah secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah populasi keseluruhan ternak ayam petelur berjumlah 2000 ekor dengan persentase kematian 5% dari jumlah awal. Dalam sehari ternak mampu bertelur rata-rata sebanyak 1000-1200 butir per harinya. Sistem manajemen pemeliharaan peternakan ayam petelur Yuan Poda di Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu menggunakan sistem pemeliharan secara intensif dimana ternak ayam petelur dikandangkan secara terus menerus dan seluruh aktivitasnya terdapat campur tangan manusia. Penanganan limbah hasil buangan kotoran ayam dalam bentuk feses tidak diolah oleh peternak melainkan hasil kotoran tersebut dijual.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:30
Last Modified: 07 Sep 2023 02:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15488

Actions (login required)

View Item View Item