PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (Research and Development)

Agustina, Mia and Salastri, Rohiat and Dewi, Handayani (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MIA AGUSTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul kimia berbasis Learning Cycle 5E , respon siswa terhadap e-modul kimia berbasis Learning Cycle 5E dan mengetahui keefektifan hasil belajar siswa terhadap e-modul kimia berbasis Learning Cycle 5E pada kelas XI MIPA 3 dan MIPA 4 di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu . Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D menurut Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap tapi pada penelitian ini dibatasi hanya pada tahap 8 atau tahap uji coba produk. Penelitian ini dilaksanakan tahap pertama yaitu observasi awal yaitu tahap identifikasi masalah pada bulan Desember. Pada tahap kedua yaitu tahap mengumpulkan data dilaksanakan pada bulan Desember. Tahap ketiga yaitu desain produk dilaksanakan pada bulan Januari. Tahap keempat validasi desain dilakukan pada bulan Februari oleh 2 orang ahli media yaitu dosen pendidikan kimia dan dosen S3 Teknologi Pendidikan dan validasi materi oleh 2 orang ahli materi yang terdiri dari dosen pendidikan kimia dan guru kimia di SMAN 8 Kota Bengkulu diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 4,57 yang termasuk pada klasifikasi “ sangat valid” sedangkan hasil validasi ahli media sebesar 4,22 yang termasuk pada klasifikasi “sangat valid”. Pada tahap kelima yaitu revisi desain produk dilakukan pada bulan Februari- Maret. Tahap keenam yaitu uji coba produk yang dilakukan pada bulan maret, uji coba produk dilakukan pada kelas skala kecil yaitu di kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 9 siswa. Pada tahap ketujuh yaitu revisi produk dilakukan pada bulan April – Mei, pada tahap ke delapan yaitu uji pemakaian dilakukan pada kelas skala besar yaitu kelas XI MIPA 4 dengan jumlah 33 siswa. Berdasarkan data penelitian diperoleh hasil respon siswa rata-rata 4,2 yang termasuk dalam klasifikasi “sangat menarik” dan pada hasil belajar siswa yang memperoleh rata-rata nilai ketuntasan belajar sebesar 84,8% sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul kimia berbasis Learning Cycle 5E yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, E-modul, Learning Cycle 5E , Larutan Penyanga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:07
Last Modified: 08 Sep 2023 01:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15490

Actions (login required)

View Item View Item