PENGARUH PEMBERIAN RANSUM YANG MENGANDUNG TEPUNG BIJI DURIAN (Durio zibethinus) DAN KULIT DURIAN FERMENTASI TERHADAP KUALITAS SUSU SAPI PERAH FH (Fries Holland) LAKTASI

Agustina, Rahayu and Endang, Sulistyowati and Irma, Badarina (2021) PENGARUH PEMBERIAN RANSUM YANG MENGANDUNG TEPUNG BIJI DURIAN (Durio zibethinus) DAN KULIT DURIAN FERMENTASI TERHADAP KUALITAS SUSU SAPI PERAH FH (Fries Holland) LAKTASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Draf_Skripsi_Agustina Rahayu (E1C017153)-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Susu merupakan bahan pangan yang mengandung gizi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Kualitas susu perlu ditingkatkan agar mendapatkan bahan pangan yang sehat dan bergizi. Salah satu solusi untuk memperbaiki kualitas susu yang bisa digunakan adalah dengan memberikan pakan tambahan berupa konsentrat yang mengadung tepung biji durian dan kulit durian fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian ransum yang mengandung tepung biji durian (TBD) dan kulit durian fermentasi (KDF) (Durio zibethinus) terhadap kualitas susu sapi perah FH (Fries Holland) laktasi. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu pemberian konsentrat yang mengandung tepung biji durian dan kulit durian fermentasi diduga dapat memperbaiki kualitas susu sapi perah. Penelitian ini dilakukan selama ±8 bulan, yang diawali dengan persiapan bahan pakan dari bulan Februari sampai Juli 2020, dan penelitiannya dilaksanakan dari bulan Agustus sampai September 2020, di Kelompok Tani Sepakat II, Desa Mojorejo, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Analisis kadar lemak, kadar protein dan berat jenis dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Institut Pertanian Bogor (IPB). Penelitian ini menggunakan Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) 4 x 4. Ada 4 perlakuan dan 4 ulangan, dengan 4 periode yaitu 10 hari / periode dan 10 hari pendahuluan dan total sapi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 ekor sapi FH. Perlakuan yang diaplikasikan adalah P0 : Ransum dasar peternak sebagai kontrol, P1 : Ransum dasar peternak + Konsentrat Tepung Biji Durian (TBD), P2 : Ransum dasar peternak + Konsentrat Kulit Durian Fermentasi (KDF), P3: Ransum dasar peternak + Konsentrat Tepung Biji Durian (TBD) - Kulit Durian Fermentasi (KDF). Variabel yang diamati adalah konsumsi BK ransum, kadar lemak, kadar protein susu, dan berat jenis susu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh sangat nyata terhadap konsumsi BK ransum. Perlakuan P0, P1, P2, dan P3 secara berurutan adalah 5,37 kg/ekor/hari, 7,37 kg/ekor/hari, 7,27 kg/ekor/hari, 7,04 kg/ekor/hari. Perlakuan berpengaruh tidak nyata terhadap kadar protein, kadar lemak susu, dan berat jenis susu. Kadar lemak susu tertinggi terdapat pada P1 yaitu 3,46% dan terendah pada P0 yaitu 2,77%, Kadar protein susu tertinggi terdapat pada P1 yaitu 2,65% dan terendah pada P3 yaitu 2,38%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian konsentrat yang mengandung tepung biji duria n (TBD) (Durio zibethinus) dan kulit durian fermentasi (KDF) yang difermentasi ( Pleurotus ostreatus) pada kualitas susu sapi perah FH (Fries Holland) laktasi tidak berpengaruh terhadap kualitas susu. Kualitas susu masih cukup baik dengan penggunaan konsentrat yang mengandung tepung biji durian (TBD).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:41
Last Modified: 07 Sep 2023 02:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item