PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR CARA-CARA ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA BAHAN ALAM DENGAN PENDEKATAN STEM’S BERBASIS ANDROID

Krisandini, Triana and Agus, Sundaryono and Rina, Elvia (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR CARA-CARA ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA BAHAN ALAM DENGAN PENDEKATAN STEM’S BERBASIS ANDROID. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Triana Krisandini A1F016023.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon mahasiswa terhadap suplemen bahan ajar bahan ajar KOBA dengan pendekatan STEM’S bebasis android dan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan suplemen bahan ajar tersebut. Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah ADDI (adaptasi dari model ADDIE) yang terdiri dari tahap analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develope), penerapan (implementation). Penelitian ini dilakukan di Univeristas Bengkulu dengan subjek mahasiswa pendidikan kimia Universitas Bengkulu yang mengambil mata kuliah KOBA TA 2019/2020. Mahasiswa dengan NPM genap berjumlah 9 orang untuk uji coba skala kecil dan mahasiswa dengan NPM ganjil berjumlah 21 orang untuk uji coba skala besar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kebutuhan, lembar validasi, angket respon, serta lembar evaluasi. hasil penelitian ini diperoleh: (1) tingkat kelayakan suplemen bahan ajar dengan pendekatan STEM’S berbasis android, persentase kelayakan dari segi materi yang didapat yaitu 92,86 % dengan kategori sangat layak sedangkan dari segi media yaitu 80,21 % dengan kategori sangat layak sehingga bahan ajar layak untuk diujicobakan; (2) Hasil uji coba skala kecil didapatkan respon baik dengan persentasi rata-rata 89,75%; (3) Hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan suplemen bahan ajar KOBA didapatkan nilai rata-rata sebesar 57,3 yang masuk pada kategori lulus. sehingga dapat disimpulkan bahwa suplemen bahan ajar cara-cara isolasi dan identifikasi senyawa bahan alam dengan pendekatan STEM’S bebasis android yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai suplemen dalam proses pembelajaran KOBA. Kata Kunci : penelinitan pengmbangan, Suplemen bahan ajar, Android, Pendekatan STEM’S.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:08
Last Modified: 08 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item