PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM MAHASISWA BERBASIS RISET SOLID LIPID NANOPARTIKEL (SLN) TRIMIRISTIN HASIL ISOLASI BIJI PALA (Myristica fragrans) (Research and Development)

Putri, Pramesthi Regita and Agus, Sundaryono and Hermansyah, Amir (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM MAHASISWA BERBASIS RISET SOLID LIPID NANOPARTIKEL (SLN) TRIMIRISTIN HASIL ISOLASI BIJI PALA (Myristica fragrans) (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PRAMESTHI REGITA PUTRI A1F016025.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap LKPM berbasis riset solid lipid nanopartikel trimiristin hasil isolasi biji pala sebagai lembar penuntun praktikum kimia organik II pada materi lipid. Penelitian ini menggunakan metode 4-D, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan sampai tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develope). Data Penelitian ini diperoleh dari hasil angket validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan produk serta hasil pretest dan posttest yang diuji cobakan kepada mahasiswa semester IV yang mengikuti matakuliah kimia organik II. LKPM berbasis riset Solid Lipid Nanoparticle (SLN) Trimiristin hasil Isolasi Biji Pala yang telah dikembangkan ini memperoleh nilai sebesar 83,75% pada validasi media dan memperoleh nilai sebesar 87.3% pada validasi materi, yang bearti masuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan hasil presentase kepraktisan sebesar 88,36 % pada uji skala kecil, yang dimana masuk pada katagori sangat setuju, Hasil rerata yang mengartikan mahasiswa sangat setuju bahwa produk yang telah dikembangkan sangat praktis digunakan. Nilai rata-rata N-Gain Score Uji Skala Kecil yaitu sebesar 0,43, bearti dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Praktikum Mahasiswa (LKPM) berbasis riset Solid Lipid Nanoparticle (SLN) Trimiristin hasil Isolasi Biji Pala (Myristica fragrans) memiliki nilai keefektifan yang sedang. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Solid Lipid Nanoparticle (SLN), Isolasi Biji Pala

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:08
Last Modified: 08 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item View Item