PENGARUH SUBSTITUSI KONSENTRAT LAYER KHUSUS DENGAN KONSENTRAT ITIK PETELUR DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA PRODUKSI TELUR AYAM KETARRAS

Taufikri, Aula Ramadhan and Kususiyah, Kususiyah and Desia, Kaharuddin (2021) PENGARUH SUBSTITUSI KONSENTRAT LAYER KHUSUS DENGAN KONSENTRAT ITIK PETELUR DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA PRODUKSI TELUR AYAM KETARRAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Naskah Skripsi Taufikri Aula Ramadhan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ayam Ketarras merupakan ayam hasil persilangan dengan komposisi genetik 75% ayam Arab dan 25% ayam Ras petelur. Konsentrat merupakan salah satu bahan sumber protein yang dapat digunakan sebagai penyusun ransum. Konsentrat yang beredar di pasar bermacam-macam, antara lain konsentrat untuk ayam petelur dan konsentrat untuk itik petelur. Konsentrat layer khusus (KLK) merupakan salah satu konsentrat yang digunakan untuk menyusun ransum ayam petelur, sedangkan konsentrat itik petelur (KIP) merupakan salah satu konsentrat yang digunakan untuk menyusun ransum itik petelur. Ditinjau dari kandungan nutrisinya, KIP mengandung protein 36%, lebih tinggi dibanding protein KLK yaitu 33%. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dapat mempengaruhi produksi. Berdasarkan kandungan protein KIP yang lebih tinggi dari KLK, perlu dilakukan penelitian pengaruh substitusi konsentrat layer khusus dengan konsentrat Itik petelur dalam ransum terhadap performa produksi telur ayam Ketarras. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL), 4 perlakuan dengan 10 ulangan. Perlakuan yang dicobakan adalah substitusi KLK dengan KIP. P0 : Perlakuan Kontrol (tanpa substitusi KLK dengan KIP dalam ransum), P1 : Substitusi KLK dengan 15% KIP dalam ransum, P2 = Substitusi KLK dengan 30% KIP dalam ransum, P3 : Substitusi KLK dengan 45% KIP dalam ransum. Variabel yang diamati adalah konsumsi ransum, produksi telur, berat telur, produksi massa telur, persentase produksi telur dan konversi ransum. Hasil analisis ragam menunjukkan, perlakuan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap rataan konsumsi ransum, produksi telur, berat telur, produksi massa telur, persentase produksi telur, dan konversi ransum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa substitusi KLK dengan KIP sampai 45% dalam ransum belum dapat memperbaiki performa produksi telur ayam Ketarras.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:58
Last Modified: 07 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item