ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR (Studi Kasus di Peternakan Ayam Petelur Yuan Poda, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu)

Yogi, Elman Putra and Bieng, Brata and Edi, Soetrisno (2021) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR (Studi Kasus di Peternakan Ayam Petelur Yuan Poda, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Yogi Elman Putra (E1C01144) 2021 .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (928kB)

Abstract

Peternakan merupakan subsektor dari pertanian yang berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani. Meningkatnya jumlah penduduk, tingkat pendidikan, kesadaran masyarakat akan gizi dan peranan zat–zat makanan khususnya protein bagi kehidupan, serta meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memanfaatkan hasil ternak, sehingga perkembangan sektor peternakan memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk peningkatan perbaikan gizi dan dampak positif bagi pelaku ternak (Candra, et al., 2012). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan usaha peternakan ayam petelur di Peternakan Ayam Petelur Yuan Poda Kelurahan Bentiring, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai Januari 2021. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner, alat tulis, dan kamera. Data yang diperoleh ditabulasi dalam bentuk tabel lalu diolah secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Usaha Peternakan Ayam Petelur Yuan Poda di Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu ini menguntungkan dengan populasi ayam sebanyak 2000 ekor, dalam setahun keuntungan yang dicapai di peternakan ini sebesar Rp 135.395.675,00 dan memiliki R/C Ratio >1 dengan nilai R/C nya 1,21. Selain R/C Ratio berdasarkan perhitungan BEP produk dan harga telur, minimal produk yang harus diproduksi dalam setahun sebanyak 467262 butir dengan harga minimal Rp 1.298,00 agar peternakan tidak mengalami rugi ataupun untung.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:12
Last Modified: 07 Sep 2023 04:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15523

Actions (login required)

View Item View Item