PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRAT YANG MENGANDUNG TEPUNG BIJI DURIAN DAN KULIT DURIAN (Durio zibethinus Murr) FERMENTASI TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI PERAH FH

Yogi, Setiaji and Endang, Sulistyowati and Irma, Badarina (2021) PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRAT YANG MENGANDUNG TEPUNG BIJI DURIAN DAN KULIT DURIAN (Durio zibethinus Murr) FERMENTASI TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI PERAH FH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Draf_Skripsi_Yogi Setiaji (E1C017059) fixs.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sapi perah merupakan ternak yang mampu memproduksi susu sebagai produk utamanya. Produksi susu sapi perah di Indonesia berkisar antara 3000-4000 kg / laktasi. Pakan merupakan komponen terbesar, yakni mencapai 60% - 80% dari biaya produksi peternakan. Durio zibethinus Murr adalah buah yang paling mudah ditemukan di daerah seluruh indonesia. Produksinya secara nasional adalah sekitar 900 ton / tahun dan 0,44% dipanen per tahun di provinsi Bengkulu. Jika semuanya dapat dikumpulkan secara keseluruhan , akan ada potensi dari 85,92 ton / tahun buah yang dapat dikonversi menjadi konsentrat bahan untuk ruminansia, seperti sapi perah. Biji Durio zibethinus makanan mengandung 6,05% protein, 0,41% eter ekstrak, dan serat kasar 1,82%. Dengan begitu, dapat dipublikasikan menjadi Durio tepung biji yang bisa digunakan sebagai bahan pakan konsentrat untuk meningkatkan produksi susu sapi perah. Kulit durian memiliki kandungan serat kasar yang tinggi sehingga pada proses fermentasi dapat diterapkan pada pengolahan limbah menggunakan jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) untuk memecah ikatan lignin sehingga diharapkan dapat menurunkan kandungan serat kasar dan meningkatkan protein kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian ransum konsentrat yang mengandung tepung biji durian (TBD) dan kulit durian fermentasi (KDF) (Durio zibethinus Murr) dalam konsentrat terhadap produksi susu sapi perah FH. Penelitian ini menggunakan rancangan bujur sangkar latin (RBSL) 4 x 4 yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan dan 4 ekor ternak. Adapun 4 perlakuan yang digunakan yaitu P0 (Ransum dasar peternak sebagai kontrol) yang terdiri dari solid dan ampas tahu, P1 (Ransum dasar peternak + 2 kg TBD), P2 (Ransum dasar peternak + 2 kg KDF), dan P3 (Ransum dasar peternak + 2 kg TBD dan 2 kg KDF). Variabel yang diukur adalah jumlah produksi susu sapi perah FH. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian konsentrat dengan kandungan tepung biji durian (TBD) 2 kg mampu meningkatkan produksi susu sapi perah FH laktasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:16
Last Modified: 07 Sep 2023 04:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

View Item View Item