Fitri, Ainul and Rusdi, Rusdi and Teddy, Alfra Siagian (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER II PENERBIT KEMENDIKBUD EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TAHAP MENGAMATI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
AINUL FITRI SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (24MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian tahap mengamati dengan berdasarkan pendekatan Saintifik pada buku teks matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 penerbit Kemendikbud edisi revisi 2017 pada materi aritmatika sosial, garis dan sudut, segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui pendekatan kualitatif ini akan terungkap gambaran mengenai realitas social, presepsi sasaran penelitian dan peneliti akan berusaha memahami dan mendeskripsikan yang akan di analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu buku teks matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 penerbit Kemendikbud edisi revisi 2017. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang sesuai dengan metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik dokumentasi secara langsung pada buku teks matematika SMP kelas VII semester 2 terbitan Kemendikbud 2013 edisi revisi 2017. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kesesuaian tahap mengamati dengan berdasarkan pendekatan Saintifik pada buku teks matematika materi aritmatika sosial yang ditinjau oleh peneliti yaitu memperoleh rata-rata persentase akhir 87% dengan kriteria sangat sesuai sedangkan oleh pengamat rata�rata persentase akhir 92% dengan kriteria sangat sesuai, sehingga hasil nilai Uji Kappa yaitu 0,702 dengan kategori baik. Kata kunci : Analisis, Buku Teks Matematika, Kesesuaian, Pendekatan Saintifik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:07 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15528 |
Actions (login required)
View Item |