ANALISIS SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VIII EDISI REVISI 2017 PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Rani, Ariza Yulika and Rusdi, Rusdi and Ringki, Agustinsa (2020) ANALISIS SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VIII EDISI REVISI 2017 PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ARIZA YULIKA RANI_FKIP MATEMATIKA 2016_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level dari soal pada buku teks pelajaran matematika Kelas VIII terbitan Kemendikbud. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami tingkat kognitif pada soal yang terdapat dalam buku teks matematika Kelas VIII berdasarkan taksonomi Bloom. Buku matematika yang digunakan adalah buku matematika yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal pada buku teks matematika SMP/MTs Kelas VIII edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud, terdiri dari 31 soal esai dan 20 soal pilihan ganda. Analisis butir soal dilakukan menggunakan taksonomi Bloom Revisi. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkatan proses kognitif pada taksonomi Bloom Revisi, soal latihan Matematika SMP Kelas VIII Semester 1 materi koordinat Kartesius pada soal esai menunjukkan tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 9,68% (3 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 12,90% (4 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 64,52 % (20 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 9,68 % (3 butir soal), C5 (mengevaluasi) sebanyak 0% (0 butir soal), dan C6 (mencipta) sebanyak 3,22% (1 butir soal). Dari 20 soal pilihan ganda diperoleh tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 60% (12 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 30% (6 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 0 % (0 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 10 % (2 butir soal) dan pada level C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) sebanyak 0% (0 butir soal). Kata Kunci : Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:07
Last Modified: 08 Sep 2023 01:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item View Item