Moneta, Ayu Siska and Nurul, Astuty Yensy and Edi, Susanto (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BERDASARKAN STANDAR BSNP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
A1C016059_AYU SISKA MONETA_SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks Kemendikbud Matematika SMP kelas VIII edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 pada materi Persamaan Garis Lurus dan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, ditinjau dari aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian menurut standar BSNP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian buku teks berdasarkan standar BSNP dengan memperhatikan aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan Uji Kappa dengan bantuan SPSS untuk melihat kesepakatan antara dua orang penilai yaitu peneliti dan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan rata-rata skor pada aspek kelayakan isi/materi sebesar 78,30% dengan kriteria baik dan perolehan rata-rata skor pada aspek penyajian sebesar 65,47% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku teks Kemendikbud Matematika SMP kelas VIII edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 telah memenuhi standar aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian menurut BSNP. Kata kunci: BSNP, Buku Teks, Aspek Kelayakan Isi/Materi, Aspek Penyajian
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:08 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15532 |
Actions (login required)
View Item |