IDEOTYPE DAN KARAKTER TANAMAN AREN (Arenga pinnata Merr) PENGHASIL NIRA DI DESA PUNGGUK BRINGANG KECAMATAN UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG

Yawati, Sunar and Putranto, BAN and Efratenta, Katherina Depar (2017) IDEOTYPE DAN KARAKTER TANAMAN AREN (Arenga pinnata Merr) PENGHASIL NIRA DI DESA PUNGGUK BRINGANG KECAMATAN UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Sunar Yawati E1B012087.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017 di Desa Pungguk Bringang Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui ideotype pohon aren penghasil nira menurut masyarakat, dan untuk mengetahui karakter pohon penghasil nira. Tahapan penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu survey awal, menentukan jumlah sampel responden, melakukan kegiatan wawancara dan observasi yaitu pengamatan secara langsung di lapangan dengan menggunakan sketsa kebun. Banyaknya sampel responden diambil yaitu 25% yang jumlah sampel populasinya sebanyak 30 responden. Penentuan sampel karakter tanaman di lapangan dilakukan berdasarkan tipe penanaman, di mana tipe penanaman terdiri dari 6 kelompok. Dari masing-masing pola penanaman diambil satu kebun sampel dengan memiliki hasil produksi perpohon pertanaman paling tinggi, kemudian dilakukan pembuatan sketsa kebun. Ideotype tanaman aren yang baik penghasil nira menurut masyarakat yaitu dengan memiliki tajuk turun ke bawah, pohon lurus, pohon tinggi, batang besar, tandan panjang, dan bentuk helaian daun yang lembut. Responden juga mengatakan bahwa selain dari ideotype tanaman, faktor cuaca juga mempengaruhi hasil penyadapan. Karakter tanaman aren yang baik penghasil nira dengan dengan memiliki rata-rata tinggi pohon 16 meter, rata-rata diameter pohon 49 cm, memiliki bentuk tajuk keseluruhannya turun ke bawah, kerapatan tajuk sedang, panjang pelepah daun 3,25 meter, rata-rata tandan buah terdapat 5 tandan dengan warna buah hijau sampai coklat kekuningan, rata-rata tandan yang produktif terdapat satu tandan d imana rata-rata panjang tandan yang produktif yaitu 22 cm dengan rata-rata hasil produksi nira 13 liter/tanaman, warna daun hijau gelap, tipe akar serabut, batang berijuk, dan biji berwarna putih.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 29 Jan 2018 02:37
Last Modified: 29 Jan 2018 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item