EVALUASI SELISIH TARGET TANDAN BUAH SEGAR DI PT. SANDABI INDAH LESTARI (STUDI KASUS KEBUN PLASMA UNIT ARGAMAKMUR DESA TABA TEMBILANG)

Egi, Reza Nopriansyah and Hasan, Basri Daulay and Yazid, Ismi Intara (2021) EVALUASI SELISIH TARGET TANDAN BUAH SEGAR DI PT. SANDABI INDAH LESTARI (STUDI KASUS KEBUN PLASMA UNIT ARGAMAKMUR DESA TABA TEMBILANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI EGI REZA N (E1G016089).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

PT. Sandabi Indah Lestari terletak ± 130 km di sebelah utara Kota Bengkulu, tepatnya di Desa Lubuk Banyau, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Penerimaan bahan baku Tandan Buah Segar (TBS) bersumber dari perkebunan milik PT Sandabi Indah Lestari , masyarakat, dan mitra/plasma. Total luas kebun plasma unit Argamakmur adalah 2699,89 ha. Lahan terluas ada di Desa Taba Tembilang dengan luas lahan 531,97 ha, sedangkan luas lahan terkecil ada di Desa Air Manganyau Timur dengan luas lahan 55,15 ha. Adanya perolehan produksi TBS dengan kualitas yang tidak sesuai dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Panen yang baik dilakukan dengan memperkecil potensi kehilangan sehingga dapat meningkatkan efisiensi panen. Produksi yang maksimal hanya dapat dicapai jika selisih target produksi minimal. Selisih target TBS disebabkan buah mentah sudah dipanen, buah matang tidak dipanen, brondolan tidak dikutip bersih, pencurian TBS, dan penjualan TBS oleh masyarakat ke tengkulak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tahapan proses pengelolaan Tandan Buah Segar (TBS) yang berpotensi adanya selisih target dari setiap stasiun TBS dari kebun hingga ke pabrik dan menentukan besarannya, menentukan banyaknya selisih target TBS pada titik-titik kehilangan pasca panen TBS ditempat-tempat yang diamati. Penelitian ini dilaksanakan di kebun plasma unit Argamakmur Desa Taba Tembilang. Metode yang digunakan adalah metode survei observasi. Data pengamatan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian berupa jumlah selisih target di titik-titik yang diamati disajikan dalam bentuk diagram pareto. Hasil penelitian dan pengamatan menunjukkan bahwa di kebun plasma unit Argamakmur Desa Taba Tembilang, produksi TBS pada bulan Desember tidak mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Pada bulan Desember 2020 dilakukan pengamatan di kebun plasma unit Argamakmur Desa Taba Tembilang. Hasil pengamatan ditemukan selisih target sebesar 16,041 ton(4,32%). Titik-titik selisih terjadi di beberapa proses, meliputi proses pemanenan, Tempat Pengumpulan Hasil(TPH), transportasi dan loading ramp(sortasi). Selisih terbesar terjadi di titik TPH dan transportasi sebesar 9,095 ton (2,45%), selisih terkecil ada di titik panen sebesar 1,209 ton (0,33%). Selisih target yang terjadi pada kebun plasma unit Argamakmur Desa Taba Tembilang dapat diatasi dengan melakukan perbaikan manajemen dan pengawasan serta pelatihan ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:43
Last Modified: 07 Sep 2023 06:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item