ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TAPE DI ERA NEW NORMAL MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi Kasus: Industri Tape Rumahan di Desa Pal 8 Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah)

ELYZA, RAGISTA and Hidayat, Koto and Damres, Uker (2021) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TAPE DI ERA NEW NORMAL MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi Kasus: Industri Tape Rumahan di Desa Pal 8 Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi ELYZA RAGISTA E1G017044-converted.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi ELYZA RAGISTA E1G017044-converted.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

“Tape” merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia dan sudah menjadi usaha rumah tangga, salah satunya adalah usaha tape Ibu Arbiyah. Pandemi Covid-19 berdampak pada turunnya tingkat penjualan tape usaha Ibu Arbiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi tingkat penjualan, merumuskan strategi alternatif dan menentukan prioritas strategi alternatif untuk pengembangan di era new normal ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal, faktor eksternal, merumuskan strategi alternatif dan analisis AHP untuk menentukan prioritas alternatif strategi. Hasil analisis SWOT diperoleh nilai IFE sebesar 3,101 dan nilai EFE sebesar 3,052. Posisi usaha tape Ibu Arbiyah berada pada Kuadran I yaitu mendukung strategi agresif dan dari hasil matriks SWOT didapatkan 8 strategi alternatif. Hasil analisis AHP didapatkan prioritas alternatif strategi pengembangan usaha tape Ibu Arbiyah yang sesuai dengan permasalahan utama pada matriks IFE dan EFE. Prioritas alternatif strategi pengembangan yang dapat dilakukan secara berturut - turut yaitu meningkatkan pelayanan menjalin kerja sama dan memanfaatkan hubungan baik dengan pedagang beras ketan dan pemasok singkong, serta memanfaatkan dukungan ekonomi dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:04
Last Modified: 07 Sep 2023 07:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item View Item