DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Junaidi, Demeliah and Hanifah, Hanifah and Agus, Susanta (2020) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016033_DEMELIAH JUNAIDI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaiakan soal tentang segiempat dan segitiga sehingga melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal segiempat dan segitiga berdasarkan teori Newman. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 14 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis menggunakan indikator kesalahan Newman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 0%; (2) kesalahan memahami soal sebesar 70,9%; (3) kesalahan transformasi soal sebesar 0%; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 20%; dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 9,1%. Kata Kunci: Diagnosis Kesalahan, Teori Newman, Segiempat dan Segitiga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:08
Last Modified: 08 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15551

Actions (login required)

View Item View Item