PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MASTERPIECE KARAOKE DI KOTA BENGKULU

Novidin, Farizqo and Syaiful, Anwar (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MASTERPIECE KARAOKE DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive
farizqo noviddin C1B013090.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Bisnis hiburan di Indonesia telah menjadi sebuah industri hiburan yang mengalami pertumbuhan yang tinggi Salah satu sektor industri hiburan yang berkembang pesat di Indonesia saat ini adalah bisnis hiburan karaoke. Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, karena melihat dari perkembangan industri musik Indonesia. Terbukti, di Indonesia dari tahun 2013 2016 peningkatan jumlah tempat karaoke sebesar 73,21% . Di Indonesia, industri ini menghasilkan pendapatan sebesar US$190 juta sepanjang Tahun 2013 dengan tingkat pertumbuhan 35% dibanding beberapa tahun sebelumnya. Hal ini membuktikan hiburan karaoke telah kian menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Bisnis karaoke di Indonesia masih sangat besar, disebabkan persentase pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6% dari tahun ke tahun. Salah satu tempat karaoke yang terkenal di Indonesia adalah Masterpiece. Masterpiece Karaoke perdana didirikan di Gedung Sarinah Jalan M.H Thamrin No.11, Jakarta Pusat pada tahun 2010. Masterpiece merupakan sebuah franchisehiburan karaoke dibawah naungan dari PT Investama Jaya Pratama yang dimilikioleh musisi Indonesia Ahmad Dhani. Masterpiece sendiri selalu mengelamipeningkatan outlet tiap tahunnya. Pada Tahun 2014 Masterpiece hanya memiliki10 cabang yang tersebar di Indonesia, Sedangakan pada pertengahan Tahun 2017peningkatan terjadi sebesar 150% dengan jumlah total Cabang sebesar 25 cabang.Salah satu cabang yang baru didirikan adalah di outlet di kota Bengkulu. PadaTanggal 6 Oktober 2015 soft opening Masterpiece resmi dibuka. MasterpieceBengkulu memiliki 35 karyawan yang akan melayani konsumen mereka. OutletMasterpiece Bengkulu yang beralamat di Jl Fatmawati No 13 (depan rumah Fatmawati) Bengkulu memiliki 17 ruangan karaoke. Di kota Bengkulu hanya terdapat satu kompetitor yang paling kompetitif bagi Masterpiece yaitu Inul Vista. Sebagai salah satu karaoke yang baru masuk Bengkulu dibanding kompetitornya Inul Vizta, Masterpiece pun mencobamenawarkan banyak kelebihan dibanding kompetitornya. Hal ini terlihat dariteknologi yang digunakan yakni wireless keyboard yang menjadikan pelanggan tidak perlu berpindah tempat duduk untuk memilih lagu yang akan dinyanyikan, sistem operasional yang lebih user friendly, serta database lagu yang lebih dari 90.000 item lagu, hampir setiap hari Masterpiece update lagu baik dari dalam maupun luar negeri (mancanegara). Terjadinya peningkatan jumlah oultet Masterpiece, maka peningkatan kualitas pelayanan dari segi layanan dan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana harus lebih ditingkatkan demi meningkatkan minat konsumen terhadap Masterpiece Bengkulu, yang akan berujung pada kepuasan konsumen nantinya sehingga, kepuasan dari konsumen tercapai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah metode nonprobability sampling dalam bentuk teknik incidental sampling. Jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan konsumen dari Masterpiece. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Tujuan utama dari analisis ini adalah untuk melihat adakah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen baik secara parsial maupun simultan. Hal yang akan dianalisis adalah dua puluh lima indikator seperti pernyataan yang terdapat dalam kuisioner. Adapun skala pengukuran yang digunakan dalam penskoran kuisioner adalah skala Likert. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara semua variabel kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability terhadap kepuasan konsumen secara parsial. Secara simultan kelima variabel independen memiliki pengaruh signifikan. Kondisi tersebut berarti bahwa secara signifikan variabel independen (dalam hal ini responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel depeden (kepuasan konsumen). Hasil ini tentu saja sesuai dengan kondisi yang diisyaratkan dalam analisis regresi linear berganda, yaitu variabel independen mempengaruhi variabel dependen dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian semua hipotesis diterima, dengan nilai koefisien sebesar 0,675 menandakan bahwa variabel kualitas layanan mempengaruhi variabel kepuasan konsumen sebesar 67,5%, sedangkan 32,5% kepuasan dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 29 Jan 2018 08:02
Last Modified: 29 Jan 2018 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15561

Actions (login required)

View Item View Item