ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL DALAM BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 SMP/MTs TERBITAN KEMENDIKBUD PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

RAHAYU, LUSSIYA SRI and Agus, Susanta and Nurul, Astuty Yensy (2020) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL DALAM BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 SMP/MTs TERBITAN KEMENDIKBUD PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016020_Lussiya Sri Rahayu_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal beserta persentase soal pada masing-masing tingkat kognitif dalam buku Matematika Kurikulum 2013 SMP/MTs terbitan Kemendikbud pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika kelas VIII kurikulum 2013 Semester II revisi 2017 yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkat kognitif pada Taksonomi Bloom revisi, soal-soal pada pokok bahasan Teorema Pythagoras berada pada kategori tingkat kognitif C1- Mengingat sebesar 0,90% (1 butir pertanyaan), C2-Memahami sebesar 18,92% (21 butir pertanyaan), C3-Mengaplikasikan sebesar 65,77% (73 butir pertanyaan), C4-Menganalisis sebesar 8,10% (9 butir pertanyaan), C5-Mengevaluasi sebesar 6,31% (7 butir pernyataan) dan C6-Mencipta tidak ada sama sekali. Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:09
Last Modified: 08 Sep 2023 01:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item