PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU

Girsang, Melan Kristina and Teddy, Teddy and Alfra, Siagian (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MELAN KRISTINA GIRSANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan pendekatan Saintifik berbantuan alat peraga di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ialah seluruh peserta didik di kelas VIII G SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Peningkatan aktivitas belajar dilakukan dengan cara: membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sesuai dengan langkah-langkah pendekatan Saintifik dan materi yang diakjarkan, menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik lebih tertarik dalam melakukan investigasi kelompok, peserta didik dibentuk dalam kelompok belajar yang heterogen sesuai dengan nilai tes dan pengamatan guru, peserta didik dilibatkan secara aktif dari awal hingga akhir dalam kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik dengan bantuan alat peraga. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik siklus I dan siklus II secara berturut-turut ialah 22.25 (kriteria cukup) dan 25.5 (kriteria aktif). Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara: memberikan masalah pada LKPD yang harus diselesaikan oleh peserta didik, meminta peserta didik bertanya jika mengalami kesulitan saat proses pembelajaran berlangsung dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan hasil belajar dilihat dari rata-rata tes hasil belajar peserta didik saat sebelum dan sesudah diberikan tindakan secara berturut-turut yaitu 63.71 dan 73.2857. Presentase ketuntasan klasikalnya yaitu 42,85 % dan 68.57143 %. Kata kunci : Aktivitas Belajar; Hasil Belajar: Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:09
Last Modified: 08 Sep 2023 01:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item