ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS IX PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR EDISI REVISI 2018 TERBITAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

OCSALINA, NADA and Edi, Susanto and Nur, Aliyyah Irsal (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS IX PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR EDISI REVISI 2018 TERBITAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NADA OCSALINA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian buku teks matematika kelas IX pada materi perpangkatan dan bentuk akar edisi revisi 2018 terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan ditinjau dari aspek kelayakan isi dan kelayakan penyajian berdasarkan kriteria dari BSNP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aspek kelayakan isi dan aspek kelayakan penyajian. Uji keabsahan data ini dengan menggunakan Uji Kappa. Penelitian ini menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan SPSS untuk melihat keabsahan data dari penilaian oleh peneliti dan teman sejawat. Hasil keabsahan data menunjukkan bahwa pada (1) aspek kelayakan isi adalah 0,867 dengan kesimpulan sangat kuat, dan juga pada (2) aspek kelayakan penyajian adalah 0,844 dengan kesimpulan sangat kuat. Selanjutnya, hasil analisis menunjukkan bahwa (1) aspek kelayakan isi, memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 86,32 % dengan kriteria sangat sesuai, dan (2) aspek kelayakan penyajian, memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 86,67 % dengan kriteria sangat sesuai. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Buku Teks Matematika Kelas IX pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Edisi Revisi 2018 Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memenuhi kriteria sangat sesuai untuk aspek kelayakan isi dan juga telah memenuhi kriteria sangat sesuai untuk aspek kelayakan penyajian. Kata Kunci : Aspek Kelayakan Isi, Aspek Kelayakan Penyajian, Buku Teks Matematika, Kriteria BSNP.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item