ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Parwadi, Parwadi and Agus, Susanta and Effie, Efrida Muchlis (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Parwadi_A1C014035.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan subbab operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah semua jawaban siswa pada soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas VII F, SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes. Berdasarkan hasil pembahasan terhadap analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan pecahan, terdapat kesalahan menyelesaikan soal tentang menyederhanakan bentuk pecahan sebanyak 12,12%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menentukan pecahan senilai yaitu sebanyak 30,3%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan berpenyebut sama yaitu sebanyak 0%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangi pecahan berpenyebut sama yaitu sebanyak 6%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan berpenyebut faktor dari penyebut yang lain yaitu sebanyak 24,24%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan berpenyebut faktor dari penyebut yang lain yaitu sebanyak 33,33%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan berpenyebut beda yaitu sebanyak 18,18%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan berpenyebut beda yaitu sebanyak 24,24%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan dalam bentuk cerita yaitu sebanyak 27,27%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan dalam bentuk cerita yaitu sebanyak 27,27%. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan, SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item View Item