Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu

Simbara, Radika and Nurul, Astuty Yensy B and Hanifah, Hanifah (2020) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Radika Simbara_A1C013048_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menigkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5e. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tekhnik pengumpulan data melalui lembar observasi siswa dan tes hasil pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian menunjukan bahawa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e dapat meningkatkan aktivitas siswa dan pemahamn konsep matematika siswa kelas VII SMP IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Aktivitasdapat ditingkatkan dengan membentuk kelompok siswa, memotivasi siswa dengan nilai tambahan dan mengatur tempat duduk siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dan pemahaman konsep matematika siswa setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa masuk kedalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 44,7. Pada siklus II aktivitas belajar siswa masuk kedalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 48,6. Pada siklus III aktivitas belajar siswa masuk kedalam kategori aktif dengan rata-rata skor 53,65. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata pemahaman konsep matematika siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yaitu: (1) Kemampuan menyatakan ulang konsep 82,2%; 90%; 75,7%. (2) Kemampuan siswa memberikan contoh dan non contoh 62,2%; 70,8; 72,1%. (3) Mengaplikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsep nya 67,07%; 39,3%; 54,3;. (4) Kemampuan siswa mengenal syarat-syarat yang menentukan suatu konsep 30,9%; 53,1%; 59,3% (5) Kemampuan membandingkan dan membedakan konsep-konsep 62,2%; 77,9%; 87,5%. Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5e, Aktivitas belajar, Pemahaman Konsep Maatematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item View Item