ANALISIS LEVEL KOGNITIF SOAL MATERI LINGKARAN PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK MATEMATIKA SD/MI KELAS VI KURIKULUM 2013 REVISI 2018

KURNIAWAN, RAHMAD and Hanifah, Hanifah and Teddy, Alfra Siagian (2020) ANALISIS LEVEL KOGNITIF SOAL MATERI LINGKARAN PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK MATEMATIKA SD/MI KELAS VI KURIKULUM 2013 REVISI 2018. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Rahmad Kurniawan_A1C013049_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pada Kurikulum 2013, pemerintah telah menyiapkan buku wajib yang harus dipelajari oleh peserta didik, yaitu buku pedoman belajar peserta didik (Buku Siswa) berupa Buku Sekolah Elektonik (BSE). BSE dilengkapi soal-soal yang dipakai sebagai latihan ataupun sebagai alat penilaian. Penyusunan soal harus memperhatikan distribusi jenjang ranah kognitif misalnya pada tingkat kognitif taksonomi bloom revisi berupa, (1) mengingat (remember), (2) memahami (understand), (3) menerapkan (apply), (4) menganalisis (analyze), (5) menilai (evaluate), (6) mencipta (create). Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sebaran level kognitif soal materi lingkaran pada Buku Sekolah Elektronik Matematika SD/MI Kelas VI Kurikulum 2013 revisi 2018 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal materi Lingkaran pada buku tersebut terdapat 4 soal pilihan ganda dan 30 soal essay yaitu terdapat 4 butir soal pada tingkat kognitif C1 (Mengingat) 11,76%, terdapat 6 butir soal pada tingkat kognitif C2 (Memahami) 17,65%, terdapat 23 butir soal pada tingkat kognitif C3 (Mengaplikasikan) 67,65%, terdapat 1 butir soal pada tingkat kognitif C4 (Menganalisis) 2,94%, terdapat 0 butir soal pada tingkat kognitif C5 (Mengevaluasi) 0%, dan terdapat 0 butir soal pada tingkat kognitif C6 (Mencipta) 0%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase tingkat kognitif C3 (Mengaplikasikan) lebih besar daripada persentase tingkat kognitif lainnya yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada tingkat sekolah dasar termasuk dalam kategori kemampuan berpikir tingkat rendah (Low Order Thinking Skills). Kata kunci : Level Kognitif, Taksonomi Bloom, Buku Sekolah Elektornik (BSE), Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item