ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KEMENDIKBUD REVISI 2017 KELAS VII MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Sentosa, Rahmonike Dwisari and Syafdi, Maizora and Ringki, Agustinsa (2020) ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KEMENDIKBUD REVISI 2017 KELAS VII MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_Rahmonike Dwisari Sentosa_A1C016077.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal-soal pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017 yang ditinjau berdasarkan 6 tingkat kognitif taksonomi bloom revisi. Tingkat kognitif taksonomi bloom revisi mencakup mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh soal materi bentuk aljabar pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017, yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 72 soal essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal pilihan ganda 0% C1 (mengingat), 5% C2 (memahami), 90% C3 (menerapkan), 5% C4 (menganalisis), 0% untuk C5(mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Dari 72 soal essay terdapat 0% C1 (mengingat), 11,11% C2 (memahami), 75% C3 (menerapkan), 8,33% C4 (menganalisis), 5,55% C5 (mengevaluasi) dan 0% untuk C6 (mencipta). Hal ini menunjukkan bahwa adanya ketidakseimbangan perbandingan presentase tingkat kognitif soal pada soal materi bentuk aljabar dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking). Kata kunci: Buku Teks, Taksonomi Bloom Revisi, Tingkat kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15577

Actions (login required)

View Item View Item