ANALISIS MATERI KEGIATAN MENGAMATI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII SEMESTER 2 BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Astria, Ririn and Rusdi, Rusdi and Nur, Aliyyah Irsal (2020) ANALISIS MATERI KEGIATAN MENGAMATI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII SEMESTER 2 BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016063_Ririn Astria_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi kegiatan mengamati pada buku teks matematika SMP kelas VII semester 2 berdasarkan Pendekatan Saintifik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman analisis materi kegiatan mengamati pada buku teks berdasarkan Pendekatan Saintifik dan lembar penilaian dari teman sejawat terhadap hasil analisis peneliti. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs Kelas VII yang di susun oleh Abdur Rahman As’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi bagian pengamatan dalam buku teks matematika pada bab perbandingan perlu adanya pernyempurnaan materi bagian pengamatan adalah subbab 5.1, subbab 5.2, subbab 5.3, subbab 5.4, dan subbab 5.5 dengan tingkat kesesuaian sebesar 77% dan termasuk ke dalam kategori sesuai. Pada bab garis dan sudut perlu adanya pernyempurnaan materi bagian pengamatan adalah subbab 7.1, subbab 7.3, dan 7.5 dengan tingkat kesesuaian sebesar 85,71% dan termasuk ke dalam kategori sangat sesuai. Dan pada bab segiempat dan segitiga perlu adanya pernyempurnaan materi bagian pengamatan adalah subbab 8.2 dengan tingkat kesesuaian sebesar 93,8% dan termasuk ke dalam kategori sangat sesuai. Kata Kunci : Analisis Materi Kegiatan Mengamati, Buku Teks, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item View Item