DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Sausan, Sarah Dalilah and Nurul, Astuty Yensy and Teddy, Alfra Siagian (2020) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi_sarah dalilah_copy - pak abdul-siap cetak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal pokok bahasan perbandingan kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2019/2020. Sebanyak 31 peserta didik kelas VII E dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berdasarkan pendekatan kompetensi dasar adalah 1) kesalahan dalam menentukan rasio dua besaran dengan satuan berbeda dalam masalah kontekstual sebesar 83,87%, 2) Kesalahan dalam menentukan perbandingan senilai dengan tabel sebesar 77,41%, 3) kesalahan dalam menentukan perbandingan senilai dalam masalah kontekstual sebesar 77,41%, 4) kesalahan dalam menentukan perbandingan senilai yang berkaitan dengan skala pada peta sebesar 74,19%, dan 5) kesalahan dalam menentukan perbandingan berbalik nilai dalam masalah kontekstual sebesar 96,77%. Kata kunci: Deskriptif, Diagnosis, Kesalahan, Perbandingan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15580

Actions (login required)

View Item View Item