ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 MUKOMUKO TAHUN AJARAN 2019/2020

KHOLIFAH, UMI and Hanifah, Hanifah and Teddy, Alfra Siagian (2020) ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 MUKOMUKO TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_ UMI KHOLIFAH_ A1C016078.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran dan deskripsi butir soal ujian semester ganjil ditinjau dari aspek kognitif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Mukomuko TahunAjaran 2017/2020. Berdasarkan pada Taksonomi Bloom revisi terdapat ada 6 tingkat proses kognitif. Dalam tingkat kognitif mencakup dari Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), Mencipta (C6). Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dari penelitian ini dengan jumlah soal ujian semester ganjil kelas VII di SMP Negeri 13 Mukomuko tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 40 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori level kognitif “Memahami” C2 sebanyak 16 soal (40%), “Mengaplikasikan” 24 soal (60%), sedangkan untuk level soal Mengingat (C1), Menganalisis (C4), Mengevaluai (C5), Mencipta (C6) tidak ada sama sekali. Kemudian berdasarkan Validitas terdapat 13 soal yang valid yaitu soal nomor 1, 4, 6, 7, 11, 18, 22, 24, 25, 26, 32, 38, 39. Untuk Reabilitas didapat nilai 0,348 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak reliabel. Untuk Tingkat Kesukaran didapat bahwa yang termasuk dalam kategori mudah 38 soal (95%), dan kategori sedang 2 soal (5%). Untuk Daya Pembeda didapatkan bahwa yang termasuk dalam kategori “Baik” 3 soal (7,5%), “Cukup” 11 soal (27,5%), “Jelek” 26 soal (65%). Sedangakan untuk fungsi Pengecoh diketahui bahwa soal yang termasuk dalam kategori “Baik “berjumlah 14 soal (35%), kategori “Cukup” berjumlah 17 (42,5%) soal, kategori “Jelek” berjumlah 9 soal (22,5%). Kata Kunci : Soal Ujian Semester Ganjil, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif, Validitas, Reabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:32
Last Modified: 08 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15582

Actions (login required)

View Item View Item