ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA REVISI TAHUN 2016 POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

Syarifah, Umi and Effie, Efrida Muchlis and Teddy, Alfra Siagian (2020) ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA REVISI TAHUN 2016 POKOK BAHASAN SEGIEMPAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016002_UMI SYARIFAH_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kesesuaian materi dalam buku teks merupakan salah satu aspek penilaian kesesuaian buku teks yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Buku teks berperan sangat penting sebagai sumber utama dalam proses pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Permasalahan yang ditemukan, ternyata masih banyak buku teks matematika yang perlu ditinjau ulang dari aspek materi karena belum memenuhi standar BSNP untuk mendukung tercapainya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang termuat dalam silabus pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013 terbitan Erlangga revisi tahun 2016 pokok bahasan segiempat dengan standar BSNP pada aspek materi/isi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif (Descriptive Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2 terbitan Erlangga karangan M. Cholik Adinawan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian buku teks dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditinjau dari aspek materi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi dikategorikan cukup sesuai dengan persentase sebesar 59,78% dan kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek penyajian dikategorikan cukup sesuai dengan persentase sebesar 50,98%. Kata Kunci: Analisis, Kesesuaian, Buku Teks

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:33
Last Modified: 08 Sep 2023 02:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item