STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU TK SE-GUGUS KEMUNING KOTA BENGKULU

Jayanti, Detti Puri and Sri, Saparahayuningsih and Anai, suprapti (2020) STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU TK SE-GUGUS KEMUNING KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru TK Se-Gugus Kemuning Kota Bengkulu. Nilai pendidikan karakter dalam penelitian ini meliputi religius, mandiri, dan disiplin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di TK Se-Gugus Kemuning Kota Bengkulu.Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Kuisioner (angket). Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan statistik dengan rumus rata-rata. Hasil penelitian pada pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru TK Se-gugus Kemuning berada pada kategori sangat baik. Dikatakan sangat baik karena guru sudah melakukan pembiasaan rutin dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak usia dini melalui pembiasaan setiap hari dalam kegiatan disekolah, dan guru juga telah menjadi contoh bagi anak sebagai model yang teladan dalam menanaman nilai karakter religius, mandiri dan disiplin. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam pada pelaksanaan pendidikan karakter oleh orangtua di rumah. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Guru, Religius, Mandiri, Disiplin dan Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:54
Last Modified: 08 Sep 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15588

Actions (login required)

View Item View Item