UPAYA GURU MELAKSANAKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI RA HABIBILLAH BENGKULU TENGAH (Studi Deskriptif Kualitatif Kelompok B RA Habibillah Bengkulu Tengah)

Listari, Mitra and Sumarsih, Sumarsih and Delrefi, Delrefi (2020) UPAYA GURU MELAKSANAKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI RA HABIBILLAH BENGKULU TENGAH (Studi Deskriptif Kualitatif Kelompok B RA Habibillah Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MITRA LISTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru melaksanakan karakter kemandirian anak kelompok B Raudhatul Athfal Habibillah. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru (B1, B2). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyanjian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan upaya guru melaksanakan karakter kemandirian anak : 1) Guru memberi bekal keterampilan untuk mengurus diri sendiri, 2) guru membentuk kegiatan yang merangsang sikap mandiri anak, 3) guru menerapkan pembiasaan yang positif 4) Guru memberanikan anak bertanggung jawab atas pilihannya sendiri, 5) Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menentukan tujuannya sendiri, 6) Menyadarkan anak bahwa pendamping tidak selalu ada di sisinya. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru untuk lebih memperhatikan cara atau upaya yang dilakukan dalam melaksanakan karakter kemandirian anak. Kata kunci: upaya guru,

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:54
Last Modified: 08 Sep 2023 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15599

Actions (login required)

View Item View Item