PENELITIAN DESKRIFTIF TENTANG KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA KARANG SUCI KABUPATEN BENGKULU UTARA

Agustini, Nora and Sri, Saparahayuningsih and Anni, Suprapti (2020) PENELITIAN DESKRIFTIF TENTANG KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE BERCAKAP-CAKAP ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA KARANG SUCI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah anak sudah terampil dalam berbicara di Desa Karang Suci Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan metode bercakap-cakap. Keterampilan berbicara dalam penelitian ini meliputi aspek pengucapan, aspek pengembangan kosa kata, aspek pembentukan kalimat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Desa Karang Suci Kabupaten Bengkulu Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah rata-rata keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di Desa Karang Suci Kabupaten Bengkulu Utara berada pada kriteria sangat baik. Dikatakan sangat baik karena anak sudah mampu mengucapkan huruf vokal dan konsonan dengan tepat dan lantang, pengembangan kosa kata anak sudah mengetahui warna, ukuran, dan arti kata yang diucapkan, pada pembentukan kalimat anak sudah bisa menggunakan kalimat sesuai pola kalmia, namun kata yang digunakan masih sedikit oleh karena itu untuk peneliti berikutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam tentang pengembangan kosa kata anak. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Metode bercakap-cakap, anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:55
Last Modified: 08 Sep 2023 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15603

Actions (login required)

View Item View Item