PENERAPAN METODE KARYAWISATA DENGAN KEGIATAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (Studi pada anak di kelompok B PAUD AR-RAUDHAH Kota Bengkulu)

Putri, Venti Dwi P and Nina, Kurniah and Anni, Suprapti (2020) PENERAPAN METODE KARYAWISATA DENGAN KEGIATAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (Studi pada anak di kelompok B PAUD AR-RAUDHAH Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
VENTI DWI PUTRI A1I016073.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri anak pada kelompok B PAUD AR-RAUDHAH Kota Bengkulu melalui metode karyawisata dengan kegiatan bercerita. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD AR-RAUDHAH Kota Bengkulu yang berjumlah 9 orang anak yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sementara analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita dari rata-rata siklus 1 sebesar 2,05 sedangkan meningkat pada siklus II sebesar 3,25. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan pada guru untuk menerapkan metode karyawisata dalam pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kata kunci :Karyawisata, Bercerita, Kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:56
Last Modified: 08 Sep 2023 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15615

Actions (login required)

View Item View Item