ANALISIS BERMAIN EGRANG DI TINJAU DARI KESEIMBANGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN-KAKI PADA SISWA SMA NEGERI 3 KABUPATEN LEBONG

APRIZAL, REMVIL and Tono, Sugihartono and Arwin, Arwin (2020) ANALISIS BERMAIN EGRANG DI TINJAU DARI KESEIMBANGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN-KAKI PADA SISWA SMA NEGERI 3 KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keseimbangan dan koordinasi mata tangan-kaki siswa terhadap keterampilan bermain engrang di SMA Negeri 3 Kabupaten Lebong. Penelitian ini merupakan penelian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Kabupaten Lebong menunjukkan uji korelasi antara X1 dengan Y yaitu sebesar 0,98, antara X2X3 dengan Y yaitu sebesar 0,98, antara X1X3X3 dengan Y yaitu sebesar 0,70. Hasil rata-rata tes siswa sebagai berikut: keseimbangan 28,67 dalam kategori Baik, koordinasi mata-tangan 21,6 dalam kategori Kurang, koordinasi mata-kaki 7,97 dalam kategori sedang, dan keterampilan bermain engrang 8,1 dalam kategori Kurang. Dan hasil dari wawancara guru pendidikan jasmani, minimnya pengetahuan siswa tentang permainan tradisional khususnya engrang, yang menyebabkan banyak siswa yang tidak bisa bermain engrang. Dapat disimpulkan bahwa untuk bermain engrang harus memiliki tingkat keseimbangan yang bagus,koordinasi mata tangan-kaki yang bagus, sehingga dapat bermain engrang dengan baik. Kata Kunci : Keseimbangan, Koordinasi mata tangan-kaki, keterampilan bermain engrang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:06
Last Modified: 11 Sep 2023 03:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item View Item